Dr. Tgk. Al Husaini M. Daud., MA

Dr. Tgk. Al Husaini M. Daud., MA

Dr. Tgk. Al Husaini M. Daud., MA

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu

Al Husaini M. Daud Ibra, lahir di Gampong Cot Rabo Baroh Peusangan Kabupaten Bireuen Propinsi Aceh, pada hari sabtu tanggal 13 September 1969. Menamatkan pendidikan dasar di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Balestuy, Peusangan, Kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Blang Jruen, Tanah Luas, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lhoksukon Aceh Utara.

Sembari belajar di institusi formal tersebut, penulis juga mendalami ilmu-ilmu agama di Dayah Miftahussalam Meunasah Ampeh Tanah Luas Aceh Utara. Selain itu, sebelum melanjutkan pendidikan formalnya ke perguruan tinggi, penulis sempat mengenyam pendidikan pesantren di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur dan tamat tahun 1994.

Sepulangnya dari Gontor, ia melanjutkan pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Agama Islam Malikusaleh Lhokseumawe (tamat tahun 2000), lalu dilanjutkan ke jenjang S2 di IAIN (sekarang UIN) Sumatera Utara, selesai tahun 2008 dan S3 di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Program Studi Agama dan Lintas Budaya minat Kajian Timur Tengah.
Penulis adalah Dosen Sejarah Pendidikan Islam pada Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe Aceh sejak tahun 2006 hingga sekarang.

Selain itu, juga aktif sebagai manager program di lembaga penelitian dan pengkajian The Finiqas Institute for Islamic and humanity studies Indonesia. Mantan ketua Organisasi Pelajar Pondok Modern Gontor tahun 1993 ini, pernah menjabat sebagai Pembantu Ketua bidang kemahasiswaan di Instansi Perguruan tinggi di mana kini ia mengabdi pada tahun 2006-2007, setelah sebelumnya menjadi ketua jurusan Tarbiyah periode 2004-2006.

Aktifitas organisasi yang digelutinya selain sebagai manager program pada lembaga tersebut di atas, juga pernah menjadi direktur eksekutif Islamic Education College Lhokseumawe, Sekretaris Umum Nadhiriyah Rabithah Thaliban Aceh (RTA) Aceh Utara tahun 1997-2000, Ketua umum Forum Wahana Alumni STAIN Malikussaleh Lhokseumawe periode 2004-2010, dan ketua Pembina Forum Silaturrahmi Ma’hadu al-Ashry (FoSMA) Aceh periode 2010-2012. Kecuali itu, penulis saat ini masih menjabat sebagai pemimpin redaksi jurnal FINIQAS tahun 2010 sampai sekarang.

Kegiatan ilmiah yang pernah diikutinya adalah Nara sumber pada Muzakarah Ulama Aceh Utara Tentang Peran Umat dalam Memilih Pemimpin, 11 Oktober 2018, Pemateri pada Seminar Internasional dan Workshop Pendidikan Inklusif, tahun 2018. Pemateri pada workshop Kurikulum KKNI Institusi dan Jurusan, 2 Mei 2017, peserta Seminar dan Lokakarya Draff RUU Peradilan Keluarga, Lhokseumawe, Oktober 2014, Reviewer karya tulis ilmiah pada acara Seminar Nasional Pembelajaran Berbasis ICT, Lhokseumawe, 2014, Pemateri pada Progran Matrikulasi Bahasa, STAIN Malikussaleh Lhoikseumawe, 2014, Juri cabang Tafsir dalam bahasa Inggris pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Lhokseumawe, 2014, Presenter makalah pada Seminar International “Aceh Development International Conference (ADIC) di Islamic International University Malaysia (IIUM) di Kuala Lumpur, tahun 2012, Pemateri pada Workshop Peningkatan Mutu Akademik STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, 2009, Pemateri pada Seminar Sehari Pembangunan yang Sensitif HAM dan Penghormatan terhadap Kemanusiaan, Bireuen, Maret 2009, dan Peserta Rihlah Ilmiah tentang Posisi dan Kiprah Ulama Perempuan dalam Dunia Pendidikan, Malaysia, 2008.

Hasil karya ilmiah yang sudah dipublikasikan antara lain adalah Transformasi Pendidikan Islam dalam Paradigma Sejarah Pemikiran Abu Teupin Raya (diterbitkan dalam jurnal FINIQAS Lhokseumawe, 2015). The Contribution of Islamic University of Andalusia to Revival Western World. (diterbitkan dalam Jurnal International “Global Journal of Human-Social Science”. USA, August 2014), Al-Qabisi’s Thought About Curriculum in Islamic Education, (diterbitkan dalam Tawarikh, International Journal for Historical Studies, Bandung, April 2014), Pendidikan dan Pengajaran Islam Di Negeri Maroko: Perspektif Historis (diterbitkan dalam Junal Al-Dirasah, Samalanga, Desember 2013), Revivalisme Islam di Lebanon (diterbitkan dalam Junal At-Tafkir, Langsa, Juni 2013), Ideologi Pendidikan Pesantren Kontemporer;Pendekatan Strukturalisme (diterbitkan dalam jurnal terakreditasi “MIQOT”, IAIN Press Medan, Desember 2012), Spirit Kebebasan Akademik dalam Realitas Dunia Kampus; Ruang Gerak Kaum Intelektual Muslim di Era Global. (dalam jurnal At-Tarbawi, Langsa, 2012), Menuju Kurikulum Intergralistik (Sebuah Tawaran Konsep Masa Depan Pendidikan Aceh ) (diterbitkan dalam Proceding 0f the ADIC 2012, vol. I, tahun 2012), Sejarah Sosial Arab-Islam pada Abad VIII-IX M; Studi Tentang Pranata Sosial Abbasiyah (dalam jurnal terakrditasi “ANALISIS”, Lampung, 2011). Selain itu, beberapa hasil penelitian yang belum dipublikasikan adalah Konstruksi Pendidikan Islam Dinasti Abbasiyah Pada Era al-Ma’mun (198-218 H/813-833 M) (penelitian dari dana APBN 2014), Signifikansi Pengaruh Otoritas Dinasti Fathimiyah Di Mesir Terhadap Perkembangan Pendi dikan Islam (penelitian dari dana APBN 2013), dan Geliat Intelektual Islam-Andalusia: Menelisik Transformasi Ilmu Pengetahuan dan Sumbangan Universitas Islam Terhadap Dunia Barat, (penelitian dari dana APBN 2012).. Penulis dapat dihubungi via ahd@iainlhokseumawe.ac.id atawa baleseutui@gmail.com

Wallahua’lam