LPM IAIN Lhokseumawe gelar Workshop dan Penyusunan IKU dan IKT

Selasa-Rabu, 18-19 Juni 2019, Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (LPM-IAIN) Lhokseumawe adakan Workshop dan Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT). Workshop tersebut dilaksanakan selama 2 hari di ruang Aula Biro Rektor lantai II, Kampus Buket Rata, Alue Awe. Ketua LPM, Dr. Al Husaini M.Daud, MA. mengatakan “workshop ini dilaksanakan untuk menyahuti kebutuhan Akreditasi versi 9 Kriteria, dimana pada setiap kriterianya ada tuntutan tentang IKU dan IKT. Jadi dengan workshop ini diharapkan semua pimpinan dan tim akreditasi memahami dasar penyusunan IKU dan dapat membuat IKT masing-masing, dan diharapkan dapat segera terwujud. Setelah dokumen IKU dan IKT itu dibuat, hendaknya dapat segera disyahkan dan ditetapkan oleh Rektor, dan semua unit menjadikannya pedoman capaian yang harus direalisasikan oleh masing-masing pihak.”

Rektor, Dr. Hafifuddin, M.Ag., dalam arahannya pada saat membuka Workshop tersebut memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim LPM atas usahanya yang semakin gesit dalam rangka peningkatan mutu di IAIN Lhokseumawe. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua LPM dan semua Tim atas keseriusannya dalam meningkatkan mutu di institusi kita. Kami melihat banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan dan direncakan oleh LPM berkaitan dengan peningkatan mutu dan akreditasi lembaga ini, untuk itu kami memberi apresiasi dan semoga hal ini bisa lebih dimantapkan agar membuahkan hasil khususnya dalam akreditasi lembaga, semoga semakin meningkat. Oleh karena itu, saya tidak bosan-bosannya menyampaikan kepada civitas akademika IAIN Lhokseumawe, bahwa program prioritasi tahun ini ada 2, yaitu Pengembangan Mutu yang pusatnya ada di LPM dan Pemenuhan Data yang pusatnya ada di TIPD. 2 program ini harus terlaksana untuk tahun ini.” papar Rektor.

Para pimpinan yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut adalah para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Kajur/Kaprodi, Sekjur/Sekprodi, Ketua Lembaga, Kabag dan Kasubag yang ada, yang berjumlah sekitar 100 orang.

Sekretaris LPM, Dr. Jumat Barus, MS, mengatakan bahwa yang menjadi narasumber dalam workshop tersebut adalah dari Tim LPM, yakni Dr. Al Husaini M.Daud, MA. (Ketua LPM), dan Dr. Nurlaila, M.Pd. (Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Internal). Narasumber sengaja tidak diundang dari pihak luar, karena Tim LPM dianggap sudah memiliki pengetahuan dalam hal IKU dan IKT dari berbagai kegiatan yang mereka ikuti. Selain itu, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menciptakan indikator kinerja internal, dan yang paling memahami hal tersebut adalah orang-orang yang memang berasal dari internal sendiri.