Refreshment dan Rekrutmen Auditor Audit Mutu Internal IAIN Lhokseumawe tahun 2024

Lhokseumawe, 24- 25 September 2024  Pusat Audit dan Pengendalian Mutu (APM) Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe mengadakan kegiatan Refreshment dan Rekrutmen Auditor  Audit Mutu Internal di Laboratarium Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas auditor mutu internal dalam upaya menjaga standar penjaminan mutu di lingkungan Kampus Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe.

Wakil Rektor I bapak Dr. Iskandar, M.Si dalam sambutannya, mengajak semua peserta Refreshment dan Rekrutmen Auditor Mutu Internal untuk bersama-sama meningkatkan mutu dan kualitas kampus Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe melalui kegitan tersebut.

Sekretaris LPM Samsul Bahri M.Pd, dalam sambutannya menyatakan pentingnya peran auditor mutu internal dalam memastikan bahwa semua proses akademik dan non-akademik di Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe berjalan sesuai dengan standar nasional perguruan tinggi yang telah ditetapkan. Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe  sudah memiliki auditor sebanyak 24 auditor diharpakan melalui refreshment, serta merekrut 20 auditor baru.

Refreshment bagi 24 auditor yang sudah berpengalaman mendapatkan materi mengenai perkembangan terbaru dalam standar mutu pendidikan tinggi, teknik audit yang lebih efektif, serta studi kasus dari audit sebelumnya. Selanjutnya proses rekrutmen auditor baru, sebanyak 20 auditor baru dengan rincian 19 auditor dari dosen dan 1 auditor dari tenaga kependidikan di mana para peserta yang berminat mengikuti tes kompetensi tentang AMI. Proses ini bertujuan untuk menjaring individu yang memiliki komitmen dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi auditor mutu internal di Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Selama kegiatan, para peserta juga berkesempatan untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman serta simulasi sebagia auditor baik (Temuan Audit Dan  Permintaan Tindakan Koreksi (PTK) Log Temuan Audit, RTM), Laporan Audit, sehingga menciptakan suasana diskusi yang produktif. Pemateri Dr. Muh. Nashirudin, M.Ag., MA dari lembaga trainer pada Best-Q Institute Malang serta Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta.

Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman peserta yang lolos seleksi sebagai auditor mutu internal baru. Mereka yang terpilih akan mengikuti pelatihan lanjutan sebelum terjun langsung dalam kegiatan audit di Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe.

Dengan adanya auditor yang kompeten dan berkomitmen, LPM Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe  berharap dapat terus meningkatkan standar mutu di seluruh unit kerja, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe secara keseluruhan.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe  Prof. Dr. Danial, M.Ag pada  penutupan menyampaikan banyak motivasi dan ucapan terima kasih kepada para auditor. Rektor berharap semua auditor lulus di post tes dan bermafaat untuk peningkatan mutu IAIN Lhokseumawe.